Informasi

FAQ

Frequently Asked Question

Meteorologi penerbangan adalah studi tentang kondisi cuaca yang memengaruhi keselamatan dan efisiensi penerbangan. Ini mencakup analisis berbagai fenomena cuaca seperti awan, angin, suhu, dan kelembapan, serta dampaknya terhadap penerbangan 

"Taf" adalah singkatan dari Terminal Aerodrome Forecast, yaitu ramalan cuaca yang dibuat untuk bandara tertentu dalam jangka waktu 24 hingga 30 jam ke depan. Taf memberikan informasi tentang kondisi cuaca yang diharapkan di sekitar bandara, termasuk awan, visibilitas, dan angin. Pilot dan pengatur lalu lintas udara menggunakan Taf untuk merencanakan dan memutuskan operasi penerbangan, memastikan keselamatan serta efisiensi selama proses penerbangan. 

METAR (Meteorological Aerodrome Report) adalah laporan cuaca yang diberikan setiap jam yang menggambarkan kondisi cuaca terkini di bandara. Ini mencakup informasi seperti suhu, angin, visibilitas, kondisi awan, dan fenomena cuaca lainnya. Sementara itu, TAF (Terminal Aerodrome Forecast) adalah ramalan cuaca yang memproyeksikan kondisi cuaca untuk bandara tertentu dalam jangka waktu 24 hingga 30 jam ke depan. METAR memberikan data aktual, sedangkan TAF memberikan prediksi masa depan. 

"Icing" atau pembekuan adalah fenomena di mana es terbentuk pada permukaan pesawat, seperti sayap atau permukaan mesin, ketika pesawat terbang melalui awan yang mengandung kelembapan dan suhu di bawah titik beku. Pembekuan dapat mengganggu aerodinamika pesawat, mengurangi efisiensi bahan bakar, dan meningkatkan berat pesawat, serta dapat menyebabkan masalah dengan sistem mesin. Pilot perlu memantau kondisi cuaca dan melakukan tindakan pencegahan, seperti mengaktifkan sistem anti-es, untuk mengurangi risiko ini.